Kipas sentrifugal industri adalah blower yang fungsi utamanya adalah untuk memasok aliran udara atau gas yang besar ke berbagai proses industri. Mereka adalah kipas listrik dengan roda dan bilah yang memindahkan udara atau gas dalam jumlah yang tepat dari satu lokasi ke lokasi lain. Kipas Sentrifugal Industri telah terbukti menjadi peralatan penting yang dirancang, dipasang, dan digunakan untuk berbagai tujuan efisiensi kerja. Mereka telah banyak digunakan dalam industri seperti Kaca, Tekstil, Telekomunikasi, Pengolahan makanan, Pertanian, gudang, Semen, dll.

Baca juga JENIS-JENIS EXHAUST FAN, MANA JENIS KESUKAAN ANDA?

Blower sentrifugal biasanya digunakan pada kipas boiler, blower pembakaran tungku, pengumpul debu rolling mill, filter kantong, blower hisap, dan blower buang. Fungsi utama dari jenis peniup ini adalah menghasilkan tekanan yang cukup untuk menyedot, mengedarkan, dan melepaskan udara baru. Itu juga bertugas menghasilkan aliran udara bertekanan tinggi dan kuat dari sejumlah kecil udara/gas.

Bilah adalah bagian kipas yang menghasilkan angin saat motor berputar. Ada banyak jenis bilah kipas sentrifugal dan masing-masing dirancang untuk bekerja secara efisien dalam melakukan satu pekerjaan tertentu. Penting untuk memahami cara kerja setiap jenis bilah, serta berbagai pro dan kontranya. Berikut ini 4 jenis bilah kipas utama di kipas sentrifugal.

1). Bilah Kipas Kurva Maju di Kipas Sentrifugal

Bilah Kipas Melengkung Maju pada kipas sentrifugal memiliki sejumlah besar bilah rendah yang menghadap ke arah putaran. Aliran yang dihasilkan oleh impeller jenis ini adalah dalam arah paralel. Kurva ke depan dari sudu mentransmisikan energi kinetik ke udara, yang harus diubah menjadi tekanan statis oleh rumahan gulir. Karakteristik daya input dari setiap kecepatan konstan yang diberikan meningkat seiring dengan peningkatan aliran dari nol ke maksimum.

Bilah kipas melengkung ke depan umumnya digunakan dalam instalasi kompak untuk menawarkan volume udara yang besar pada kecepatan lari rendah. Mereka juga sesuai untuk aplikasi yang membutuhkan aliran udara konstan atau suplai tekanan konstan. Kipas melengkung ke depan digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk boiler rumah, pemanas udara hangat, pemanas tabung panas berseri, pendinginan, rakitan koil kipas pemanas, dan banyak lainnya.

2). Bilah Kipas Kurva Mundur di Kipas Sentrifugal

Kipas sentrifugal bilah kipas melengkung ke belakang seringkali memiliki bilah lebih sedikit lagi yang menghadap ke arah rotasi yang berlawanan. Sudu melengkung ke belakang dari tepi dalam ke tepi luar, relatif terhadap arah rotasi, dan dapat berbentuk pelat atau airfoil.

Aliran dihasilkan dalam arah radial oleh impeller jenis ini karena impeller menciptakan tekanan statis di sepanjang sudu yang lebih panjang. Tekanan positif dihasilkan di sisi depan sudu, memaksa udara keluar, sedangkan tekanan negatif dihasilkan di sisi belakang sudu.

Kipas sentrifugal bilah kipas melengkung ke belakang sering digunakan dalam aplikasi efisiensi tinggi dan tekanan tinggi ketika efisiensi sistem secara keseluruhan penting atau rumah gulir tidak diperlukan. Kipas melengkung ke belakang digunakan dalam berbagai aplikasi seperti boiler kondensasi tekanan tinggi (premix), sistem ventilasi ekstrak, sistem ekstraksi asap, sistem pembakar gas, sistem pemulihan panas, dan banyak lagi.

3). Bilah Kipas Radial pada Kipas Sentrifugal

Bilah Kipas Radial pada kipas sentrifugal adalah perangkat mekanis dengan impeler yang ditenagai oleh motor listrik. Impeller berputar secara independen dan mengarahkan udara. Udara yang bekerja dengannya biasanya disedot dari sisi kipas dan dihembuskan melalui saluran keluar kipas.

Udara mengenai roda kipas, berputar pada sudut yang benar, dan dipercepat oleh bilah datar radial pada impeler dalam kipas radial. Namanya berasal dari fakta bahwa udara yang dipercepat dikeluarkan secara radial. Aliran udara disebabkan oleh gaya sentrifugal yang dihasilkan oleh kolom yang berputar. Kipas ini dapat dioperasikan dengan sabuk atau motor.

Ini adalah kipas bertekanan tinggi dengan aliran sedang. Kipas berbilah radial ideal untuk aplikasi atau pengaturan industri yang berdebu dengan gas atau uap air di udara.

4). Bilah Kipas Airfoil di Kipas Sentrifugal

Bilah Kipas Airfoil pada kipas sentrifugal sangat penting untuk menyampaikan aliran ke objek apa pun. Dalam desain industri, airfoil adalah permukaan yang kelengkungannya menghasilkan daya angkat yang lebih besar daripada yang dihasilkan oleh badan fluida yang tidak melekat secara fluida padanya. Kipas airfoil juga cenderung lebih efisien karena mengalirkan udara lebih cepat melalui rumah kipas.

Bilah kipas airfoil dalam kipas sentrifugal memiliki sifat aerodinamis yang luar biasa dan efisiensi desain hingga 89%. Ini dapat digunakan dalam aplikasi industri bertekanan sedang hingga tinggi yang membutuhkan udara bersih atau konsentrasi debu rendah. Empat seri berbeda untuk berbagai jenis roda memberikan keserbagunaan pilihan. Karena airfoil kulit ganda, bilah rentan terhadap debu abrasif dan sebaiknya hanya digunakan pada beban debu rendah.

Baca juga MENGENAL CENTRIFUGAL CABINET FAN

Kesimpulan untuk Bilah Kipas pada Kipas Sentrifugal

Menurut MDPI, Meningkatkan Efisiensi Kipas Sentrifugal Industri Menggunakan Mekanisme Penyesuaian Blade Kipas sentrifugal hadir dalam berbagai ukuran dan tipe, untuk digunakan di beberapa industri. Setiap jenis bilah yang digunakan pada kipas sentrifugal ini memiliki tujuan tertentu. Saat memilih kipas sentrifugal, penting untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang model yang akan Anda beli. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda membutuhkan system sirkulasi udara untuk bisnis Anda seperti gudang ataupun pabrik, silakan hubungi kami di 081232339308 untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami. Atau bisa langsung mengunjungi Official Store Kami di SHOPEE.