Udara yang bersih dan sirkulasi yang lancar merupakan salah satu dari kriteria rumah yang sehat. Pasalnya, udara kotor yang terperangkap di dalam rumah akan membawa berbagai masalah kesehatan bagi anda dan keluarga. Agar masalah ini tidak terjadi, setiap rumah tentu harus memiliki sistem sirkulasi udara yang baik, misalnya dengan ventilasi yang mumpuni, atau bisa juga memasang exhasut fan. Ada beberapa jenis exhaust fan dan juga penggunaannya masing-msing. Berikut ini adalah kegunaan dari exhaust fan.

1. Exhaust Fan adalah Blower Ruangan Penyedot Udara

Anda mungkin sudah sangat sering mendengar istilah exhaust fan, atau anda juga bahkan sudah memasang exhaust fan di rumah. Tetapi, apakah anda tahu fungsi lain dari exhaust fan? Exhaust fan bukanlah jenis kipas angin yang hanya menciptakan udara, tetapi juga membantu sirkulasi udara di ruangan lebih baik lagi, sehingga udara dalam ruangan tetap bersih dan segar. Exhaust fan dapat membuang udara kotor dari dalam ruangan dan kemudian mengganti udara di dalam rumah dengan udara yang lebih bersih dan segar.

Selain menyegarkan udara, exhaust fan juga dapat mengusir panas di ruangan yang langsung berhubungan dengan udara luar. Exhaust fan juga menjaga kelembapan di dalam ruangan. Exhaust fan biasanya diletakkan di dapur, kamar mandi, kamar tidur, garasi, atau juga ruang tengah.

Exhaust fan dapur akan membantu menghilangkan bau masakan atau asap yang dihasilkan ketika memasak. Exhaust fan kamar mandi akan menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi, terutama di kamar mandi yang mempunyai ukuran sempit dan tertutup. Exhaust fan di garasi membantu menyegarkan udara dari asap kimia berbahaya yang keluar dari knalpot kendaraan.

2. Pentingnya Exhaust Fan Bagi Kenyamanan Rumah

Semakin banyak jendela yang dibuka, semakin baik sirkulasi udara yang dihasilkan, namun apabila tidak memungkinkan untuk membuka banyak jendela, anda juga dapat menggunakan exhaust fan untuk menjadi salah satu opsi melancarkan sirkulasi udara di rumah. Pasalnya, sirkulasi udara yang buruk di rumah dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti flu, alergi, asma dan lainnya.

Selain masalah kesehatan yang dihasilkan oleh sirkulasi udara yang buruk, hal lain seperti masalah jamur dan rayap juga dapat terjadi, bahkan hal ini juga dapat menimbulkan kerusakan pada dinding dan perabotan di rumah.

3. Kegunaan Exhaust Fan

Exhaust fan bekerja dengan bilah kipas yang digerakkan oleh listrik. Bilah kipas yang berputar menarik udara keluar dari ruangan, sehingga udara kotor dan bau tidak sedap akan terdorong melalui lubang pembuangan ke luar rumah. Exhaust fan juga dapat mendinginkan ruangan dengan mengeluarkan udara panas tanpa menggunakan AC.

4. Cara Kerja dan Penggunaan Exhaust Fan

Exhaust fan berbeda dengan kipas angin biasa yang hanya mencipatakan angin saja. Exhaust fan menyedot dan menghisap udara yang kotor atau terkontaminasi dari dalam ruangan dan membuangnya ke luar ruangan. Pembuangan udara kotor ini akan membuat kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan volume udara kotor di dalam ruangan menjadi berkurang. Setelah membuang udara kotor di dalam ruangan, udara yang bersih dan lebih segar akan masuk ke dalam ruangan melalui lubang ventilasi dan menggantikan udara kotor di dalam ruangan.

Baca juga TIPS MEMBUAT RUANGAN MENJADI LEBIH WANGI DENGAN EXHAUST FAN

Penutup

Itulah penjelasan mengenai exhaust fan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda. Apabila anda membutuhkan exhaust fan untuk keperluan bisnis, industri, atau rumah anda, silakan hubungi kami langsung di 081232339308 untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami. Atau bisa langsung mengunjungi Official Store Kami di SHOPEE.

Selain itu kami juga menyediakan banyak produk blower dan fan lainnya. Silahkan cek DISINI.