TIPS MEMBUAT GREENHOUSE SENDIRI

Greenhouse adalah bangunan yang berfungsi sebagai sarana bertanam untuk membantu tanaman agar dapat tumbul optimal, baik itu dalam pembibitan, penyimpanan, ataupun proses budidaya tanaman itu sendiri.

Untuk beberapa orang di Indonesia mungkin mengenal tempat ini sebagai adaptasi dari istilah rumah kaca. Demi press budget, pembuatan sering digantikan dengan bahan plastik, sehingga istilah rumah kaca saat ini menjadi jarang digunakan dan berganti dengan sebutan greenhouse atau rumah hijau. Hal ini berfungsi sebagaimana rumah tanaman yang pada umumnya berwarna hijau.

Manfaat Greenhouse

Membangun greenhouse merupakan sarana untuk menjaga tanaman dari kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan, baik itu terhadap faktor sinar matahari, kelembaban, suhu, angin, ataupun serangan hama penyakit.

Umumnya, greenhouse terbagi menjadi beberapa fungsi seperti:

  • Dapat Menanam Tanpa Mengenal Musim. Berbagai jenis tanaman memiliki sifatnya masing-masing. Untuk mencapai pertumbuhan yang optimal, kalian wajib untuk mempertimbangkan musim menanam, seperti musim hujan atau musim kemarau. Namun, ini berbeda jika di dalam greenhouse. Di dalam greenhouse tumbuhan dapat tumbuh dengan optimal tanpa harus mempertimbangkan musim menanam mereka. Sehingga Anda tidak perlu lagi menunggu musim untuk memulai menanam atau memanen.
  • Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Hasil Produksi. Pemberian nutrisi dan kondisi lingkungan yang ada di dalam greenhouse dapat dikendalikan oleh Anda. Dengan mudahnya Anda bisa menyesuaikan kebutuhan tanaman, sehingga kualitas dan kuantitas hasil produksi tentu akan menjadi lebih baik.
  • Memungkinkan Budidaya Secara Organik. Greenhouse yang terjaga dan terawat dengan baik bisa menjadi poin penting dalam keberlangsungan dari pertumbuhan tumbuhan itu sendiri. Dimana dengan greenhouse yang terawat, itu bisa mencegah serangan hama penyakit sehingga penggunaan pestisida sudah tidak diperlukan lagi.

Baca juga artikel 4 STRATEGI MARKETING TOKO ROTI

Apa Saja yang Dibutuhkan Ketika Ingin Membangun Greenhouse

1. Tentukan Desain dan Ukuran

Umumnya, ada tiga tipe greenhouse yang bisa Anda pertimbangkan, seperti:

  • Tipe Tunnel. Tipe ini berbentuk melengkung atau seperti kubah, dimana bagian dinding dan atapnya dibuat menyatu dan tertutup, sehingga membentuk setengah lingkaran. Biasanya greenhouse seperti ini sering digunakan pada daerah tropis.
  • Tipe Piggy Back. Tipe ini disebut sebagai tropical greenhouse karena sering digunakan pada daerah tropis. Tipe ini memiliki bentuk seperti rumah dengan ventilasi di atapnya.
  • Tipe Multispan. Tipe ini merupakan gabungan dari dua tipe sebelumnya, dan tipe ini lebih sering digunakan pada daerah pertanian yang mempunyai skala besar, karena tipe ini memiliki struktur bangunan yang kuat, namun tetap ekonomis.

2. Siapkan Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membangun Greenhouse

Berikut beberapa alat yang perlu Anda persiapkan seperti:

  • Kayu/Bambu/Pipa PVC/Besi
  • Plastik Ultraviolet
  • Paku/Lem
  • Paranet/Screen
  • Baut
  • Palu
  • Tali

3. Rancang Kerangka Rumah Kaca

Setelah menentukan desain dan ukuran, Anda bisa mulai membuat struktur kerangkanya. Jika Anda ingin membuat tipe tunnel, Anda bisa memulainya dengan mesusun dari dinding, pintu, hingga bagian atapnya.

Penggunaan material yang kuat dalam segala kondisi cuaca menjadi poin tambah, namun menurut berita.99.co dalam pembuatan greenhouse sebaiknya menggunakan material yang tipis dan ringan, namun memiliki durabilitas yang kuat.

4. Tutup Kerangka

Jika sudah selesai, Anda bisa menutup kerangka tersebut dengan plastik ultraviolet yang sudah disiapkan dan pastikan plastik tersebut tidak mudah robek. Setelah itu Anda bisa menginstalasi kebutuhan dari greenhouse tersebut.

Baca juga artikel SISTEM SIRKULASI UDARA UNTUK PABRIK PLASTIK

Tips Dalam Membuat Rumah Kaca

Tidak lupa kami berikan beberapa tips dalam membangun Greenhouse sebagai berikut:

  • Posisi rumah kaca disarankan memanjang dari timur ke barat supaya mendapatkan panas di siang hari lebih panjang kepada tanaman.
  • Disarankan membuat pemanas atau pendingin buatan yang dibutuhkan saat musim tertentu tiba.
  • Rumah kaca bisa dilengkapi thermostat untuk mengontrol pengaturan suhu.
  • Pastikan sistem ventilasi tetap bekerja maksimal dan seimbang.
  • Gunakan lampu fluoresen, lampu LED atau neon biasa sebagai tambahan sumber pencahayaan.
  • Tambahan sumber penerangan bisa digantung sekitar 7 inci di atas tanaman.

Akhir Kata

Untuk Anda yang ingin membangun greenhouse dan membutuhkan system ventilasi terbaik untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman Anda. Silakan hubungi kami langsung di 081232339308 untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami. Atau bisa langsung mengunjungi Official Store Kami di SHOPEE.

Selain itu kami juga menyediakan banyak produk blower dan fan lainnya. Silahkan cek DISINI.