Mungkin belum banyak yang tahu apa itu impeller. Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dari pusat rotasi. Biasanya, impeller memiliki bentuk silinder pendek dengan inlet terbuka yang berfungsi untuk menerima cairan masuk, serta baling baling untuk mendorong cairan secara radial. Impeller terbuat dari material logam cor melalui proses pengecoran logam.

MATERIAL IMPELLER

Impeller memiliki dua material, yaitu Ferro dan Non ferro

  • Ferro

Impeller dapat dibuat dari material ferro (FCD maupun FC). Kelebihan impeller yang terbuat dari material ferro adalah harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan material non ferro.

  • Non ferro

Biasanya material non ferro yang digunakan untuk membuat impeller adalah bronze.

TIPE IMPELLER

Bila dilihat dari desain baling-balingnya, terdapat tiga jenis impeller. Sedangkan bila dilihat dari jumlah cairan yang bisa masuk, impeller dibedakan menjadi 2 jenis. Jenis- jenis impeller tersebut adalah:

  • Terbuka

Impeller terbuka adalah impeller yang terdiri dari baling-balign yang melekat pada pusat tanpa dinding samping. Jenis ini digunakan untuk memompa cairan yang memiliki tingkat kontaminasi tinggi dan juga lumpur yang sangat pekat

  • Semi terbuka

Impeller semi terbuka ini memiliki baling-baling yang melekat pada salah satu dindingnya. Impeller semi terbuka ini digunakan untuk memompa cairan  dengan tingkat kontaminasi rendah dan lumpu ringan

  • Tertutup

Impeller jenis ini memiliki baling-baling tertutup pada kedua sisinya. Jenis impeller ini adalah yang paling efisien. Jenis komponen yang satu ini digunakan untuk memompa cairan bersih atau yang sedikit terkontaminasi saja.

Berdasarkan jumlah cairan yang bisa masuk :

  • Single-suction

Cairan masuk ke pusat baling-baling hanya melalui satu arah

  • Double-suction

Cairan masuk ke pusat baling-baling melalui dua arah secara bersamaan.

Baca juga artikel terkait:

APA ITU BLOWER CENTRIFUGAL?

JENIS EXHAUST FAN

Demikianlah penjelasan impeller dan beberapa tipe impeller yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat. Kami menyediakan layanan Cyclone Turbin Ventilator yang bisa Anda konsultasikan kebutuhan Anda bersama dengan kami. Silakan hubungi kami di 081 7938 7577, 081 2179 22281 untuk mendapatkan penawaran menarik.