Dalam pembahasan blower sentrifugal, penggunaan istilah blower dan fan digunakan secara bergantian. Salah satu alasan untuk menekankan penggunaan istilah blower adalah untuk menghindari kebingungan antara blower sentrifugal dengan kipas aksial yang menggerakkan udara dalam jalur aksial atau langsung.

Perbedaan yang paling menonjol antara berbagai jenis blower sentrifugal adalah sudut bilahnya, yang bisa mundur, maju, atau radial di mana bilahnya menonjol keluar dari impeller.

Blower sentrifugal adalah alat industri yang banyak digunakan untuk aplikasi tekanan tinggi. Mereka ditemukan di industri pengolahan sebagai elemen penting dalam sistem pengendalian polusi udara. Perbedaan penting antara blower sentrifugal dan jenis blower atau kipas lainnya adalah kemampuannya untuk menyediakan aliran udara secara efisien pada tekanan konstan.

Jenis Blower Sentrifugal

Meskipun tidak ada formula umum untuk mengklasifikasikan blower sentrifugal, mereka dapat dibagi menjadi enam kategori. Setiap kelas memiliki jangkauan penggunaan dan batasannya.

Blower Sentrifugal Melengkung ke Depan

Blower sentrifugal melengkung ke depan juga dikenal sebagai blower sangkar tupai karena rodanya adalah roda sangkar tupai. Sudu-sudu pada impeller adalah sudu-sudu kecil ke depan yang melengkung ke arah putaran roda.

Struktur blower melengkung ke depan, termasuk impeller, poros, bantalan, dan rumahannya, sangat halus dan rapuh, yang membuatnya tidak cocok untuk penggunaan industri. Blower sentrifugal melengkung ke depan ideal untuk aplikasi tekanan rendah pada kecepatan rendah seperti tungku domestik dan unit pendingin udara.

Blower Sentrifugal Miring Mundur

Kipas sentrifugal miring ke belakang memiliki tiga jenis desain bilah: ketebalan tunggal datar, ketebalan tunggal melengkung, dan airfoil melengkung. Bilah blower miring ke belakang jauh lebih berat dan lebih besar daripada blower sentrifugal melengkung ke depan dan bergerak berlawanan dengan arah putaran roda.

Alasan mengapa blower sentrifugal miring ke belakang begitu banyak digunakan adalah kemampuannya untuk bekerja pada kecepatan tinggi dengan efisiensi yang luar biasa karena mereka memiliki kebutuhan tenaga kuda yang rendah dan konstruksi yang sangat kokoh. Ini juga membuatnya cocok untuk aplikasi statis tinggi.

Pisau Ketebalan Tunggal Melengkung

Desain blower sentrifugal miring ke belakang ini mampu menggerakkan udara dan gas yang memiliki sejumlah kecil bahan korosif dan suhu tinggi. Untuk perlindungan ekstra, blower sentrifugal ketebalan tunggal yang melengkung memiliki lapisan dan permukaan yang keras.

Pisau Ketebalan Tunggal Datar

Blower sentrifugal miring ke belakang ini sangat kuat dan efisien dan merupakan alternatif hemat biaya untuk desain melengkung ke belakang. Desain ketebalan tunggal datar memiliki efisiensi yang sedikit lebih rendah, yang dikompensasikan dengan liner yang mudah dipasang.

Airfoil melengkung

Desain airfoil melengkung dari blower sentrifugal miring ke belakang digunakan dalam aplikasi aliran udara volume tinggi yang memiliki tekanan rendah. Mereka terutama digunakan sebagai metode untuk membersihkan udara atau memindahkan gas dengan sejumlah kecil bahan erosif.

Blower Sentrifugal Radial

Nama umum untuk blower sentrifugal radial adalah roda dayung karena bilahnya yang lurus menempel pada impeller dan kemiripannya dengan dayung pada perahu roda dayung. Sudu lurus datar pada blower sentrifugal radial tegak lurus terhadap arah putaran roda.

Desain tertentu dari bilah blower sentrifugal radial memiliki pelek samping. Pisau lebih berat, lebih dalam, dan lebih sempit daripada yang ditemukan pada blower sentrifugal miring ke depan dan ke belakang. Blower sentrifugal radial mampu menghasilkan tekanan sedang hingga tinggi dan memindahkan massa dan volume cairan yang lebih tinggi.

Blower Sentrifugal Airfoil

Blower sentrifugal airfoil memberikan aliran udara volume tinggi dengan konsumsi daya rendah. Mereka memiliki ujung depan yang bulat dengan ujung belakang yang tajam. Saat aliran udara mendekati blower, ia membelah dan bergerak di atas dan di bawah bilah. Lendutan udara terjadi di sepanjang kurva cembung bagian atas sudu dan kurva cekung di bagian bawah. Saat udara bergerak di atas trailing edge yang tajam, ia meninggalkan bilahnya.

Desain bilah airfoil membuatnya mampu menangani volume besar udara bersih pada tekanan statis rendah hingga sedang. Mereka berjalan pada kecepatan dan efisiensi yang lebih besar daripada blower miring ke belakang.

Blower Sentrifugal Ujung Radial

Blower sentrifugal ujung radial memiliki desain yang ringkas dan dibuat untuk aliran udara volume tinggi di mana persyaratan tekanannya tinggi. Pisau berujung menjaga debu dan partikel bergerak sebagai metode untuk menangani aliran udara bersih dan kotor. Struktur blower sentrifugal ujung radial menggabungkan fitur blower miring ke belakang dan blower radial.

Blower ujung radial sentrifugal dapat memindahkan udara korosif dan jenuh karena terbuat dari baja tahan karat dan memiliki lapisan epoksi dengan lapisan yang sangat tahan lama yang melindungi blower dari korosi.

Blower Sentrifugal Sebaris

Fitur yang paling mencolok dan dibahas dari blower sentrifugal inline adalah konstruksi kasar mereka yang mencakup roda miring ke belakang dalam casing tabung aksial. Mereka adalah alat yang ideal untuk saluran persegi sebagai pendorong udara bersih untuk sistem suplai dan pembuangan di mana blower lain tidak praktis. Blower sentrifugal inline dapat dipasang secara vertikal atau horizontal di sudut mana pun.

Blower sentrifugal inline memiliki semua keunggulan blower sentrifugal dengan ukuran dan konsumsi ruang aksial. Daya tarik blower sentrifugal sebaris adalah keserbagunaannya karena telah digunakan dalam banyak aplikasi.

Plug Blower Sentrifugal

Plug blower atau kipas dikenal dengan berbagai macam nama. Aspek yang paling jelas dan mencolok dari plug blower adalah mereka tidak memiliki rumahan; ini memberi mereka nama fan atau blower tipe terbuka. Plug blower digunakan dalam aplikasi suhu tinggi, bejana autoklaf, atau untuk pengumpulan debu.

Setiap plug blower direkayasa dan dirancang untuk memenuhi kondisi aplikasi suhu tinggi tertentu. Pelanggan wajib memberikan data tentang suhu operasi, sirkulasi yang diperlukan, aliran udara, tekanan, dan kepadatan.

Baca juga artikel terkait:

(VERSI LENGKAP) APA ITU BLOWER CENTRIFUGAL?

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis blower centrifugal. Semoga artikel ini bermanfaat. Kami menyediakan layanan Cyclone Turbin Ventilator yang bisa Anda konsultasikan kebutuhan Anda bersama dengan kami. Silakan hubungi kami di 081 7938 7577, 081 2179 22281 untuk mendapatkan penawaran menarik.