Bisnis menyewakan Gudang menawarkan prospek yang cukup cerah seiring dengan meningkatnya kebutuhan operasional suatu perusahaan. Perusahaan besar maupun kecil memerlukan ruang lebih untuk menyimpan barang mentah dan barang setengah jadinya.

Agar kegiatan operasional tersebut berjalan lancer, menyewa Gudang bisa menjadi solusi terbaik untuk mereka. Tingginya permintaan sewa Gudang dari perusahaan saat ini tentu saja membuka peluang bisnis bagi Anda yang mempunyai tanah kosong.

Bagi Anda yang serius ingin memulai bisnis sewa Gudang, sebaiknya perhatikan artikel berikut ini.

Kenali Tipe Gudang

Gudang adalah lokasi yang difungsikan untuk menyimpan bermacam-macam barang untuk keperluan produksi, baik itu bahan baku, bahan setengah jadi, bahkan hasil produksi juga dimasukan ke dalam Gudang.

Di samping modal, Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis sewa Gudang adalah mengenali tipe Gudang. Berikut telah kami rangkum 7 Gudang yang perlu Anda ketahui

  1. Gudang Pusat Sortir
    Gudang yang satu ini digunakan oleh perusahaan untuk menyimpan surat atau parsel. Biasanya surat atau parsel tersebut selanjutnya disortir berdasarkan kode pos lalu dikirim ke area distribusi.
  2. Gudang Penyimpanan Bahan Baku
    Sesuai dengan namanya Gudang ini menyimpan bahan baku produksi. Gudang yang satu ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan produsen material bangunan pabrik.
  3. Gudang Penyimpanan Hasil Produksi
    Berbeda dari tipe yang kedua, Gudang ini merupakan Gudang yang digunakan perusahaan untuk menyimpan hasil produksinya, sehingga barang-barang yang sudah siap bisa langsung didistribusikan ke pasar.
  4. Gudang Transhipment
    Gudang tipe ini digunakan untuk menyimpan barang-barang besar. Fungsinya tidak jauh berbeda dari Gudang pusat transit atau Gudang cross docking. Barang yang sudah disortir dalam Gudang ini bisa langsung dibagi ke jumlah yang lebih kecil.
  5. Gudang Penyimpanan/Pengiriman Barang Retur
    Barang retur merupakan barang dari pembeli yang dikembalikan kepada penjual, karena spesifikasi yang tidak sesuai atau cacat produksi. Biasanya barang-barang yang disimpan dalam Gudang penyimpanan atau pengiriman barang retur dicek Kembali. Setelah dicek barang retur tersebut akan di repacking dan diperbaiki.
  6. Gudang Cross Docking
    Gudang yang satu ini bisa juga disebut sebagai Gudang transit logistic, yang pada umumnya digunakan untuk menyimpan barang-barang dari supplier. Barang-barang supplier tersebut digabungkan lalu dikirimkan untuk tujuan pengiriman yang sama. Biasanya barang dalam Gudang tipe ini disimpan dalam waktu yang singkat, karena langsung dikirim Kembali ke tujuan.
  7. Gudang Fulfillment
    Gudang yang satu ini merupakan istilah baru dalam dunia logistic dan distribusi pada sector B2B dan B2C. Biasanya Gudang tipe ini digunakan oleh perusahaan e-commerce untuk menyimpan barang dalam volume besar. Barang tersebut disimpan untuk dikelola, lalu diproses untuk memenuhi order pelanggan.

Siapkan Gudang dengan Sesuai Standar

Setelah mengetahui tipe Gudang, bisnis sewa Gudang apa yang sudah terbayang pada pikiran Anda? Setelah tahu ingin menjalankan Gudang yang seperti apa, Langkah selanjutnya yaitu mengetahui ukuran Gudang dan kebutuhan apa saja yang Anda butuhkan seperti ventilasi yang tepat untuk Gudang Anda.

  1. Ukuran. Pada umumnya, di Indonesia rata-rata ukuran Gudang adalah 23x48m sedangkan versi terbarunya 12m bawah dan 16m atas. Setelah menentukan ukuran Gudang, atur layout Gudang agar proses keluar masuk barang ke dalam Gudang teratur. Perhatikan pintu masuk dan pintu keluar agar tidak bolak balik.
  2. Harga Sewa dan Sistem Sewa. Setelah semua kebutuhan operasional bisnis sewa Gudang, Anda juga perlu menentukan system sewa untuk klien Anda. Berdasarkan waktu, Anda bisa menentukan system sewa harian, bulanan, ataupun tahunan, tergantung kebutuhan klien Anda. Perlu Anda perhatikan untuk memperbanyak system sewa agar klien lebih senang ketika memilih layanan yang ditawarkan.
  3. Legalitas. Biasanya klien menanyakan soal status kepemilikan Gudang, sebab hal ini berkaitan dengan operasional bisnisnya. Gudang di atas tanah yang diperebutkan oleh banyak orang juga bisa membuat klien Anda khawatir. Jadi pastikan tanah tempat Gudang Anda berdiri mempunyai legalitas yang jelas.
  4. Ventilasi.
  5. Perhatikan ventilasi atau sirkulasi udara gudang yang baik, klien Anda tidak merasa khawatir dengan barang-barang mereka. Mengasumsikan barang-barang mereka tidak tahan panas dan membutuhkan sirkulasi udara yang baik maka Anda perlu menggunakan cyclone turbin ventilator terbaik untuk kualitas layanan lebih baik.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin membuka jasa sewa gudang. Untuk gudang yang lebih baik Anda perlu memasang ventilasi agar tidak banyak debu yang mengganggu aktivitas digudang. Untuk Anda yang membutuhkan cyclone turbin ventilator, kami memiliki produk berkualitas untuk Anda. Kami sudah dipercaya oleh banyak klien kami untuk membantu mereka dalam menjaga sirkulasi udara di bisnis mereka tetap baik. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami.