​Meskipun blower biasanya digunakan di bidang manufaktur, akan sulit untuk menemukan sumber informasi yang baik tentang berbagai jenis blower dan bagaimana memilih yang tepat. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman dasar yang baik tentang berbagai jenis blower dan memberi Anda informasi teknis yang diperlukan untuk membuat keputusan yang baik untuk aplikasi Anda.

Apa saja jenis-jenis blower?

​Pada tingkat yang paling dasar, blower adalah alat yang menarik udara di saluran masuk dan mendorong udara keluar sebagai aliran stabil di saluran keluar. Blower sebagian besar dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori: berbasis impeller dan perpindahan positif. Blower berbasis impeller memiliki sirip yang memancar keluar dari poros tengah yang berputar. Blower perpindahan positif menggunakan mekanisme mengisi dan mengosongkan ruang di inlet dan outlet, masing-masing, untuk menciptakan aliran. Perbedaan mendasar antara keduanya adalah bahwa blower berbasis impeller memiliki aliran keluaran yang bervariasi dengan tekanan sedangkan blower perpindahan positif memiliki aliran keluaran yang lebih konstan terlepas dari perubahan tekanan.

​Ada dua kategori utama blower berbasis impeller: sentrifugal dan regeneratif. Masing-masing memiliki karakteristik berbeda yang cocok untuk aplikasi yang berbeda; tetapi keduanya memiliki aliran keluaran yang sangat bervariasi dengan perubahan tekanan operasi.

Centrifugal Blower (juga disebut Centrifugal Fan, Squirrel Cage Fan, atau Radial Blower)

Blower sentrifugal

Udara masuk di pusat impeler yang berputar di mana terdapat sejumlah baling-baling tetap. Melalui aksi sentrifugal, udara dipaksa ke pinggiran rumahan oleh impeler yang berputar di mana ia dibuang sebagai aliran stabil melalui outlet. Tekanan negatif yang tercipta di hub tengah, pada gilirannya, menyedot lebih banyak udara. Blower sentrifugal biasanya tidak mampu menghasilkan tekanan tinggi dan paling cocok untuk aplikasi yang membutuhkan pasokan udara dalam jumlah besar pada tekanan sedang hingga rendah.

Tekanan yang lebih tinggi dapat diperoleh dengan meningkatkan kecepatan putaran impeler dan melalui penggunaan impeler yang dirancang khusus berdasarkan teknologi turbin. Blower ini dapat memiliki tingkat rotasi yang sangat tinggi melalui penggunaan motor penggerak langsung yang dikendalikan melalui penggerak variabel frekuensi tinggi. Pengaturan yang digerakkan oleh sabuk kecepatan tinggi adalah pilihan lain. Dalam kedua kasus, kecepatan tinggi ini dapat mengurangi umur bantalan yang diharapkan. Namun, sistem penggerak langsung akan lebih hemat energi, karena menghilangkan kemungkinan selip sabuk, dan akan mengakhiri biaya perawatan yang terkait dengan sistem penggerak sabuk.

Sebagai alternatif, konfigurasi multi-tahap dapat digunakan untuk menghasilkan tekanan yang lebih tinggi dengan mengalirkan udara dari outlet satu blower ke inlet yang lain. Mereka umumnya cukup besar untuk menampung beberapa impeler, rumah dan motor yang cukup besar untuk memberi daya beberapa tahap.

Blower sentrifugal multi-tahap biasanya digunakan dalam aplikasi skala besar seperti aerasi di pabrik pengolahan air. Untuk aplikasi yang lebih ringan di mana peningkatan tekanan yang kurang substansial diperlukan, dua blower sentrifugal dapat dihubungkan secara seri untuk meniru blower dua tahap.

Blower sentrifugal memiliki ukuran fisik mulai dari kaki kubik hingga ukuran ruangan kecil dengan kisaran output volumetrik yang besar. Blower sentrifugal dapat ditemukan dengan output dari ratusan hingga ratusan ribu CFM.

Blower Regeneratif (kadang-kadang disebut saluran samping, saluran lateral, atau kompresor cincin)

Blower regeneratif

Blower regeneratif memiliki impeler yang dibangun sebagai cincin bagian dalam yang kokoh dengan baling-baling yang memancar keluar dari tepinya. Tidak seperti impeler blower sentrifugal, udara masuk dari saluran masuk samping, bukan melalui pusat impeler. Saat impeller mendorong udara di sekitar ring, gaya sentrifugal menyebabkan udara yang terperangkap di antara baling-baling impeller yang berputar bergerak menuju casing blower. Aliran udara kemudian dipaksa ke dasar baling-baling impeller berikut untuk resirkulasi dengan cara yang sama. Aliran melingkar ini dalam kombinasi dengan putaran impeller menyebabkan udara mengikuti jalur spiral melalui blower regeneratif; hasilnya adalah udara yang berada di bawah percepatan konstan. Ini “regenerasi” udara dengan setiap putaran memungkinkan blower regeneratif untuk mengembangkan tekanan yang signifikan.

Blower regeneratif mampu beroperasi pada kecepatan sedang. Konstruksi penggerak langsungnya mengurangi kebutuhan perawatan dengan menghilangkan pemeliharaan yang terkait dengan blower yang digerakkan oleh sabuk dan roda gigi.

Blower regeneratif tahap ganda juga tersedia. Dalam unit impeler tunggal, dua tahap, udara membuat satu putaran di sekitar sisi depan impeler kemudian, bukannya dibuang, udara disalurkan untuk membuat putaran kedua sebelum keluar dari blower melalui outlet. Konfigurasi dua tahap lainnya juga tersedia, termasuk desain yang menggunakan dua impeler terpisah dalam satu rumahan atau dua impeler dan rumahan. Karena blower regeneratif secara alami menghasilkan tekanan yang lebih tinggi, mereka biasanya tidak memerlukan multi-tahap dengan cara yang sama seperti blower sentrifugal. Unit dua tahap agak umum, sementara lebih dari dua tahap jarang terjadi.

Itulah pembahasan mengenai blower berbasis impeller, semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai blower dan mampu memiilih blower mana yang tepat. Kami menyediakan penjualan blower impeller yang bisa Anda konsultasikan kebutuhan Anda bersama dengan kami. Silakan hubungi kami di 08179387577, 081217922281 untuk mendapatkan penawaran menarik.