Mungkin sebagian dari kita sering mengabaikan beberapa penyakit terkait pernapasan. Lingkungan merupakan salah satu pengaruh besar terhadap penyakit yang ditimbulkan. Suhu dan banyaknya cahaya matahari adalah beberapa hal dalam lingkungan yang ikut memancing perubahan pada tubuh kita.

Kelembaban udara adalah satuan untuk menyatakan jumlah uap air yang terkandung pada udara, yang mana semakin banyak uap air yang ada dalam udara, maka semakin lembab udara tersebut. Tanpa Anda sadari, Anda pasti mengenali sensasi lembab dan kering dari ruangan di sekitar Anda. Sensasi Lembab biasanya akan Anda rasakan apabila Anda di dalam ruangan yang tidak terdapat ventilasinya. Sehingga membuat sirkulasi udara tidak lancar dan sinar matahari tidak dapat masuk.

Sedangkan sensasi kering bisa Anda rasakan ketika Anda berada dalam ruangan AC dalam waktu yang lama. Beberapa hal yang memperlihatkan ruangan yang kering adalah dengan wallpaper dinding yang ujungnya mengelupas, tanaman yang kering meskipun sering disiram, ataupun sensasi tersetrum ketika memegang gagang pintu atau logam.

Fenomena tersebut bisa selalu memengaruhi tubuh kita manusia. Dan ketika kelembaban udara yang terlalu rendah sama berbahayanya ketika kelembaban terlalu tinggi bagi tubuh manusia. Berikut seberapa berbahaya kelembaban bagi tubuh kita. Yuk simak sampai selesai.

  • Kelembaban Rendah: Beresiko Tinggi Terkena Flu dan Batuk
    Kelembaban rendah biasa terjadi terhadap Anda yang memiliki profesi sebagai pegawai kantoran yang biasanya bekerja di ruangan ber-AC. Hal ini bisa menyebabkan Anda beresiko besar terpapar udara kering setiap hari. Lalu apa yang terjadi bagi kesehatan kita? Yang terjadi adalah bisa terkena influenza. Virus influenza sendiri dapat hidup lebih lama pada udara dengan kelembaban rendah. Selain itu mata Anda juga bisa menjadi kering, perih, dan merah karena kekurangan cairan yang melapisi luar bola mata Anda.
  • Kelembaban Tinggi: Beresiko Tinggi Terhadap Infeksi Pernapasan
    Berkebalikan dengan kelembaban rendah, ruangan yang memiliki kelembaban berlebih, ruangan tersebut bisa ditumbuhi oleh jamur-jamur mikrospkopis yang bisa menyebabkan penyakit. Penyakit di sini ditimbulkan oleh jamur-jamur yang menghasilkan spora yang kemudian bisa lepas di udara dan apabila terhirup oleh manurisa bisa menimbulkan infeksi saluran pernapasan pada manusia.

Baca juga artikel terkait: 5 CARA MEMBUAT RUANGAN SEJUK TANPA AC

Akhir Kata
Lalu bagaimana solusinya? Anda bisa menggunakan exhaust fan ataupun cyclone turbine ventilator untuk menjaga kelembaban suatu ruangan menjadi normal, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Untuk Anda yang membutuhkan exhaust fan atau cyclone turbine ventilator yang berkualitas, silakan hubungi kami di 08179387577, 081217922281 untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami.