Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang menyehatkan dan produktif, dengan berolahraga, tubuh kita akan bergerak dan lebih sehat. Banyak sekali jenis olahraga, salah satunya adalah Latihan fisik dan aktivitas kebugaran.

Biasanya orang berlatih fisik dan kebugaran di Gym. Nah, apakah pernah terpikirkan di benak anda untuk membuka usaha gym? Apabila anda tertarik dan ingin membuka usaha gym, anda dapat menyimak artikel di bawah ini.

1. Miliki Lisensi Sebagai Profesional Trainer

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin membuka usaha gym adalah memiliki lisensi sebagai professional trainer.

Bila anda memiliki sertifikasi dan akreditasi sebagai trainer dan instruktur akan lebih baik lagi.

Karena konsumen atau pelanggan gym pasti ingin membangun kepercayaan dan kredibilitas untuk meningkatkan minat berolahraga di gym anda.

2. Tentukan Target Lokasi dan Market

Hal yang selalu penting untuk tiap usaha dan bisnis adalah menentukan target dan lokasi market.

Menentukan lokasi yang dekat dan mudah dijangkau bagi target market, dan menentukan biaya adalah suatu factor yang perlu.

Jika anda ingin memulai dengan memiliki studio gym kecil, itu tidak masalah, yang penting anda dapat mengadakan operasional dengan semua perlatan berkualitas.

3. Gunakan Akuntansi Bagi Perhitungan Kas

Jika anda bekerja sama dengan investor untuk membuka usaha gym, keuangan adalah poin kritikal. Launching usaha gym baru membutuhkan biaya yang besar.

Modal usaha fitness diperkirakan dapat merogoh kocek mulai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Hal ini sudah mencakup peralatan gym dan fitness, biaya instruktur, sewa lokasi, lisensi bisnis, dan juga biaya marketing.

Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk anda menggunakan jas akuntansi professional untuk megelola keuangan startup bisnis gym dan fitness anda.

4. Saatnya Memuat Peralatan Gym dan Mesin Fitness

Setelah memiliki business plan yang matang dan jelas, lokasi yang sesuai, dan modal investor yang cukup, anda dapat memuat peralatan gym dan mesin fitness.

Hal penting yang anda harus ingat adalah jangan sampai menggunakan equipment dengan kualitas yang buruk demi memperoleh low cost atau untuk menekan biaya.

Penggunaan peralatan yang tidak berkualitas baik akan membuat anda merogoh kocek lebih lagi untuk biaya maintenance yang lebih sering dan besar, bahkan memiliki kemungkinan untuk menggantinya di waktu kedepan.

5. Pastikan Ruangan Nyaman dan Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Setelah hal-hal di atas dilakukan, hal yang terakhir yang tidak boleh dilupa adalah ruangan yang nyaman dan memiliki sirkulasi yang baik.

Anda dapat memasang exhaust fan di tempat gym anda supaya aliran udara dan sirkulasi udara tetap baik dan terjaga. Dengan udara yang bersih dan terjaga, akan membuat pelanggan gym anda nyaman.

Baca juga artikel terkait: MANFAAT EXHAUST FAN SELAIN MENYEJUKKAN RUANGAN

Itu dia guys, beberapa tips untuk memulai bisnis gym. Apabila anda membutuhkan kipas angin dan exhaust fan untuk kebutuhan tempat gym ataupun keperluan lainnya, silahkan hubungi kami di 081 7938 7577, 081 2179 22281 untuk mendapatkan penawaran menarik.