Dust collector merupakan salah satu system pengontrol debu yang digunakan pada industri atau pabrik. Dust collector ini digunakan untuk membersihkan polusi udara yang dihasilkan saat proses produksi berlangsung. Contohnya adalah industri kayu yang pasti banyak sekali menghasilkan serbuk kayu. Dengan menggunakan dust collecotr, sserbuk kayu dapat langsung dibersihkan dan ditambung pada wadah penampungan yang telah tersedia. Selama suatu industri memiliki dust collector, maka area industri akan tetap bersih dan nyaman untuk para pekerja.

Terdapat tiga jenis dust collector, antara lain:

  1. Baghouse Filter
  2. Cyclone Separator
  3. Wet Scrubber

Umumnya, baghouse filter digunakan untuk menangani debu kering dengan partikel yang memiliki material sangat ringan dan halus. Material debu halus yang dihisap akan disalurkan ke dalam baghouse dan dipisah menggunakan filter. Luas filter tergantung dari kapasitas hisap yang ada, sehingga ukuran baghouse filter juga bervariasi. Jenis dust collector ini memerlukan perawatan escara berkala agar filter tidak mampet.

Cyclone separator cocok digunakan untuk mengatsi debu kering dengan partikel material yang lebih padat atau kasar. Seperti serbuk dari hasil pemotongan kayu ataupun debu dari pengolahan kertas. Apabila dibandingkan dengan baghouse filter, cyclone separator memiliki cara kerja yang lebih sederhana serta lebih murah. Proses pemisahan pada dust collector jenis ini adalah menggunakan gaya cyclonic dan gaya gravitasi, sehingga hanya debu yang berat atau kasar yang dapat dipisahkan.

Wet Scrubber bekerja dengan menggunakan air untuk memisahkan polutan yang becampur dengan udara. Jenis ini cocok digunakan untuk menyaring udara yang mengandung racun dan bersuhu tinggi seperti cerobong asap dan industri kimia. Biasanya, material yang digunakan pada wet scrubber adalah stainles steel.

Baca juga artikel terkait: 5 CARA DUST COLLECTOR MENINGKATKAN EFISIENSI PABRIK DAN MENGHEMAT UANG

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai dust collector. Apabila anda memerlukan dust collector untuk pabrik atau industry anda, silahkan hubungi kami di 0812-3233-9308 untuk mendapatkan penawaran menarik.