Sebagian orang yang masih belum mengerti turbin ventilator pastinya terdengar asing. Turbin ventilator adalah alat yang menyerupai bentuk kubah dengan sirip yang melingkar, biasanya peletakan turbin ventilator berada di atap bangunan. Turbin ventilator bertujuan untuk membantu proses sirkulasi udara di bangunan.

Turbin ventilator sendiri bekerja secara otomatis karena tidak menggunakan listrik, karena tenaga yang dibutuhkan merupakan tenaga angin. Dengan tenaga ini, turbin ventilator dapat bekerja 24 jam penuh tanpa bantuan dari tenaga listrik apalagi bebas dari perawatan sehingga jauh lebih efisien dibandingkan dengan exhaust fan lainnya.

Dengan adanya turbin ventilator terbukti mampu mengatasi udara pengap, panas dan udara kotor dari ruangan yang memiliki sirkulasi yang terbatas, Apalagi turbin ventilator memiliki bahan yang kuat, ringan, tidak gampang berkarat, dan bersisik, sehingga cocok digunakan disemua jenis atap bangunan.

Fungsi Turbin Ventilator

Selain berfungsi menyerap debu, asap, dan kotoran di dalam rumah, fungsi lain dari turbin ventilator adalah membuat rumah menjadi lebih bersih dan segar serta lebih nyaman ditinggali.

  • Menghisap debu. Biasanya di dalam rumah terdapat banyak kotoran dan debu. mereka-mereka ini menempel pada benda-benda apapun di dalam rumah seperti kursi, lemari, meja, barang elektronik, dan lainnya. Jika dibiarikan dalam jangka waktu lama, maka akan mengganggu proses pernafasan. Dengan adanya turbin ventilator, membantu untuk menghisap kotoran dan debu yang ada di dalam rumah.
  • Terjadi pertukaran udara. Manusia membutuhkan udara yang segar untuk bernafas. Maka dari itu, diperlukan adanya pertukaran udara di dalam rumah. Rumah dengan sirkulasi udara yang terbatas atau tertutup membuat manusia merasa sumpek dan gerah, sehingga aktivitas yang dilakukan manusia menjadi kurang produktif. Maka dari itu dengan adanya turbin ventilator dapat mengatasi pergantian sirkulasi udara agar udara menjadi segar dan bersih.

Cara Kerja Turbin Ventilator

Turbin ventilator bergerak berputar dengan menggunakan hembusan angin, dan bisa bergerak tanpa adanya angin sekalipun. Apalagi turbin ventilator mampu menahan angin dengan kecepatan tinggi sebagai contoh angin badai.Pergerakan turbin ventilator ini disebabkan oleh perbedaan tekanan udara yang berada di dalam ruangan dan di luar ruangan. Sehingga bisa berputar untuk menghisap udara panas yang dikeluarkan di dalam ruangan.

Dengan adanya turbin ventilator, maka rumah dengan suhu udaranya panas akan menjadi normal Kembali. Karena ventilasi menjadi tempat pembuangan angin yang pengap dan panas.

Baca juga artikel terkait: 5 JENIS SISTEM BLOWER INDUSTRI BERBEDA DAN APLIKASINYA

Penutup

Itulah hal yang perlu diketahui mengenai turbin ventilator. Sebagai pertimbangan agar rumah anda memiliki sirkulasi udara yang baik disarankan untuk memasang turbin ventilator. Sehingga apapun aktivitas anda di dalam ruangan bisa menjadi lebih produktif. Jika Anda membutuhkan turbin ventilator untuk gudang ataupun pabrik Anda, silakan hubungi kami langsung di 0812-3233-9308 untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami.