Setiap Gedung atau ruangan pasti memerlukan ventilasi udara. Seperti gudang, kantor, ruang mesin operasional, serta laboratorium. Pada pemasangan system ventilasi perlu adanya perhatian ekstra untuk meminimalisir resiko serta meningkatkan kenyamanan.

Udara yang berada di dalam laboratorium biasanya berpotensi besar membahayakan keselamatan seseorang yang berada di dalamnya karena bahan-bahan kimia yang ada didalamnya dapat mencemari udara. Agar bisa meminimalisir resiko itu, perlu adanya alat untuk memasang peralatan ventilasi yang tepat.

Peralatan Ventilasi

Peralatan ventilasi itu banyak jenisnya seperti saluran udara, ventilator, kipas angin, exhaust fan, kipas angin, kompresor udara, scrubber karbondioksida, AC, perangkat dingin, perangkat panas, pelembab udara, pembersih udara, generator ozon, dan lain-lainnya.

Tergantung dari jenis ventilasi tersebut jika ingin dipasang sesuai dengan kebutuhan ruangan agar bisa mempertimbangkan efisiensi peralatan kalau ingin mengurangi biaya. Ada beberapa peralatan ventilasi yang berperan ganda sehingga bisa lebih efisien apalagi energi yang dikeluarkan lebih hemat dan menghemat biaya juga.

Baca juga artikel terkait: BAGAIMANA CARA MENGHITUNG UKURAN VENTILASI DAN EXHAUST FAN?

Ventilasi Sesuai Ruangan

Ventilasi memiliki jenis dan perannya masing-masing agar sesuai dengan kebutuhan setiap ruangan yang berbeda-beda, karena berdampak besar pada keselamatan pengguna ruangan dalam lingkungan industri. Berikut ini beberapa rancangan ventilasi diberbagai jenis ruangan.

1. Laboratorium

Laboratorium harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan memadai karena itu peralatan ventilasi untuk laboratorium harus tepat untuk setiap labnya. Sirkulasi udara yang baik menjadi persyaratan utama untuk meminimalisir terjadinya kontaminasi udara. Karena laboratorium tanpa ventilasi yang memadai, maka aliran udara yang di dalam ruangan tersebut susah untuk dikontrol sehingga udara tersebut kotor dan menumpuk.

Ruangan seperti laboratorium membutuhkan ventilasi dengan daya sirkulasi yang tinggi sehingga perlu diperhatikan perancangan dan pemasangan sirkulasi yang baik dan benar. Besar kecil laboratorium harus menyesuaikan sirkulasi udara dari ukuran ruangan tersebut agar terhindar dari bahayanya pengguna ruangan.

2. Gudang

Gudang biasanya memiliki system ventilasi alami. Hanya membutuhkan jendela untuk melakukan petukaran udara secara alami. Jika gudang digunakan untuk menyimpan bahan-bahan organik seperti makanan, sayuran, buah-buahan dan lainya maka dibutuhkan ruangan untuk tetap menjaga suhu dan kelembaban tertentu.

3. Ruang Operasional

Ruangan ini biasanya memiliki peralatan elektronik modern canggih untuk melancarkan operasional dan biasanya memerlukan filter untuk memurnikan udara. Penggunaan juga berlaku untuk udara yang berada di tempat administrasi dan kantor.

4. Workshop

Dalam ruangan workshop biasanya memiliki ukuran yang kecil dengan kapastitas karyawan yang sedikit juga. Ventilasi yang dibutuhkan berupa AC sudah memenuhi sirkulasi udara tersebut. Tetapi jika kegiatannya berupa bengkel yang mana membuat adaya pelepasan gas berbahaya seperti debu atau kotoran lainnya, maka system ventilasi yang dibutuhkan harus lebih kuat dan filter pemurnian tambahan harus dipasang juga.

5. Ruang Pabrik dengan Mesin

Panas matahari yang menyentuh langit-langit atap yang menyerap dan uap yang menghasilkan panas. Uap panas ini akan menyebarkan panas ke area bawah sehingga suhu ruangan yang dihasilkan akan meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan system ventilasi dengan jenis exhaust untuk mengeluarkan aliran panas keluar dari bangunan tersebut. Apalagi ruangan mesin rawan dengan suhu yang mengingkat.

Selalu melakukan riset sebelum membuat pilihan yang tepat agar tidak salah pilih untuk menemukan ventilasi yang tepat agar tidak mengeluarkan biaya tambahan jika ventilasinya tidak sesuai dengan kebutuhan ruangan. Jika tidak yakin dengan jenis ventilasi yang dibutuhkan, mintalah bantuan professional untuk melakukan riset agar memastikan peralatan tersebut tepat untuk kebutuhan pabrik.

Baca juga artikel terkait: APA BAHAYA TIDUR DI RUANGAN YANG TIDAK BERVENTILASI?

Penutup

Untuk Anda yang memiliki pabrik, lab, ataupun gudang, tapi masih belum memiliki system sirkulasi udara di dalamnya, silakan hubungi kami langsung di 081232339308 untuk konsultasi gratis dan mendapatkan penawaran harga menarik untuk produk-produk yang digunakan dalam system ventilasi.