Kipas angin merupakan alat penyejuk dan pendingin ruangan yang berfungsi dengan mengeluarkan angin. Alat ini menjadi peminat banyak orang dikarenakan harganya yang ekonomis dan penggunaannya yang cukup mudah, bahkan bisa dipindah-pindahkan. Perawat kipas angin bisa dilakukan sendiri, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa jasa service jika dibandingkan dengan perawatan AC yang memerlukan jasa service khusus.

Inilah mengapa banyak jenis dan model kipas angin beragam-ragam. Pastinya setiap jenis kipas angin memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa saja jenis-jenisnya?

1. Kipas Angin Lantai

Kipas angin dengan model ini memiliki tiang yang panjang sebagai penyangga dan mudah dipindahkan ke mana saja. Biasanya, jenis kipas angin ini punya model yang minimalis sehingga bisa menjadi hiasan di dalam ruangan.

Karena tidak dipasang secara permanen, tentunya dapat diatur arah udara dari kipas ke tempat yang diinginkan. Bahkan ada juga kipas yuang tiangnya bisa diatur ketingginannya sesuai yang diinginkan.

2. Kipas Angin Meja

Kipas angin dengan jenis ini tidak memiliki tiang penyangga sehingga jangkauan anginnya cukup rendah. Maka dari itu, kipas angin ini sering diletakkan pada meja apapun. Dengan ukuran kipas angin ini, mudah dibawa kemana-mana karena lebih ringan daripada kipas angin lantai. Namun, ada pula kipas angin yang berukuran besar sehinnga bisa diletakkan di lantai.

3. Kipas Angin Dinding

Sesuai dengan namanya, kipas angin ini peletakannya menempel pada dinding sehingga tidak memakan ruang. Dengan posisinya yang berada diatas dinding, angin yang dihasilkan memiliki jangkauan yang cukup luas. Kipas angin jenis ini biasanya dipasangkan tali saklar atau bisa dengan remote agar memudahkan penggunakan kipas angin ini.

Baca juga artikel terkait: SEMUA YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG KIPAS ANGIN DINDING

4. Kipas Angin Plafon

Kipas angin dengan model ini memiliki bilah yang lebih besar dengan kipas angin lainnya. Secara umum kipas angin ini perlu dipasangkan permanen di langit-langit rumah.

Kipas plafon ini menyebarkan udara yang meluas ke seluruh ruangan, karena jangkuan luas ini menyebabkan ruangan menjadi lebih sejuk secara merata. Apalagi kipas jenis ini bisa dilengkapi dengan lampu dan beberapa aksesoris yang menarik sehingga dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan. Sayangnya kipas angin plafon susah untuk dibersihkan dikarenakan letaknya yang berada di langit-langit ruangan.

5. Exhaust Fan

Jenis kipas ini memiliki sejumlah manfaat. Seperti mengganti siklus udara didalam ruangan, mengatur kelembaban ruangan, menghilangkan asap seperti asap dapur, dan lainnya.

Exhaust fan biasanya dipasang di dinding atau di langit-langit ruangan. Biasanya exhaust fan dipasang di ruangan yang minim sirkulasi seperti kamar mandi, dapur, dan ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang terbatas.

6. Kipas Portable

Dengan ukuran yang kecil, kipas angin ini bisa dibawa kemana saja sehingga kamu bisa merasakan udara sejuk dimana saja dan kapan aja. Kipas angin portable bekerja denga menggunakan baterai yang bisa diisi ulang, jadi kipas angin ini bisa digunakan jika tidak ada listrik sekalipun.

Baca juga artikel terkait: CARA MEMBERSIHKAN KIPAS DI BAWAH 10 MENIT

Akhir Kata

Itulah beberapa kipas angin yang aman digunakan di rumah. Namun, jika Anda membutuhkan kipas angin untuk kebutuhan outdoor, kami memiliki kipas angin berdiri yang cocok untuk kebutuhan outdoor Anda. Jika berminat silakan hubungi kami langsung di 081232339308 untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami.